Selasa, 18 Oktober 2011

SISTEM PERIODIK MODERN


Posted: 10 May 2011 05:21 AM PDT
Sistem periodik Modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom. Dalam sistem periodik modern terdapat Kotak untuk tiap unsur yang mengandung informasi dasar.


Periode adalah lajur mendatar (horizontal), unsur- unsur dalam satu periode memiliki jumlah kulit elektron yang sama.


Golongan adalah lajur dari atas ke bawah (vertikal), Unsur-unsur dalam satu golongan pada umumnya memiliki sifat kimia yang mirip, hal ini dikarenakan memiliki elektron valensi yang sama.


Deret lantanida sebenarnya terdapat pada periode ke-6 dan golongan IIIB, antara nomor 56 sampai 71. Pada umumnya unsur-unsur pada deret ini mempunyai sifat yang mirip dengan unsur lantanium sehingga disebut deret lantanida.

Deret Aktinida sebenarnya terdapat pada periode ke-7 dan golongan IIIB, antara nomor 89 sampai 103. Pada umumnya unsur-unsur pada deret ini mempunyai sifat yang mirip dengan unsur aktinium sehingga disebut deret


 
Dari tabel di atas ternyata elektron valensi menunjukkan letak golongan pada sistem periodik. Sedangkan periode ditentukan oleh jumlah kulit atau nomor kulit. Jadi, unsur-unsur dalam satu periode mempunyai nomor kulit yang sama.
sumber : e-dukasi.net



This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih berkenan meninggalkan jejak
Komentar Pengunjung sangat diharapkan